KP di Garuda Indonesia Airlines #1

Halo infantri,

Izin nge-spam satu post lagi ya. Sebelumnya, gw mau ngucapin selamat dulu kepada mereka yang berbahagia hari ini:

  1. Miami Heat team, NBA champion 2012,
  2. LeBron James, MVP NBA (3rd time),
  3. LeBron James, MVP NBA Finals 2012,
  4. LeBron James, triple-double in game 5,
  5. Jakarta, ulang tahun ke-485.

Kalo ada yang ga tau, minimal yang ke-5 kenal kan. Jadi seperti yang tersirat, pagi ini saya habiskan dengan melototin Yahoo! NBA box score karena ga bisa nonton tv. Terus… ga kerasa d udah waktunya makan siang :p

KP Hari Pertama

Dua pilot amatir ini dipanggil lagi hari Senin, 11 Juni ke gedung QX (unit IT Garuda). Agak kecewa sih ga boleh nerbangin Airbus atau Boeing. Sampai di lantai 3, kami langsung menuju ruang rapat untuk menemui kelima Senior Manager (SM) unit IT. Kira2 begini diskusinya:

Pak E (PE): “Jadi, kalian mau ngapain disini?”

Danny (Pilot 1 – P1) & Dibi (Pilot 2 – P2): “Hah?”

GM: “Yah.. kami ga bisa nentuin kerjaan kalian kalo ga tau kemampuan kalian kan?”

P1: (bisik) “Kaya’nya CV sama daftar matkul kita ga dibaca sama sekali, Dib.”

P2: (bisik) “Kalo di bagian pesawat boleh ga ya? Siapa tau kita masih bisa jadi pilot.”

GM: “Coba kenalan dulu sama mereka deh -”

Selanjutnya kami diperkenalkan pada tiap SM, yang masing2 menangani bidang yang berbeda:

  1. Pak E (General Manager)
    Tampak sangat bijak dengan rambut dan kumis putih (kalo dua2nya panjang bisa mirip Gandalf). Beliau tak hentinya menanyakan kami dengan pertanyaan menantang sambil memainkan BB-nya.
  2. Pak W (SM IT Infrastructure)
    Lulusan S2 IF ITB (seangkatan Pak Rila), berjanggut kambing, namun tidak mengembik (tidak banyak omong maksud gw). Bapak ini sangat baik dan sibuk kelihatannya.
  3. Pak D (SM Finance & Business Intelligence)
    Rambutnya hilang di bagian puncak, namun matanya meradang hingga ke sumsum. Beliau orang paling cool dan berwibawa di ruangan ini.
  4. Pak A (SM ***)
    Bukan bidang yang dirahasiakan cem BIN. Namun semata karena gw lupa. Beliau orangnya murah senyum dan canda.
  5. Bu Dn (SM Human Resource)
    Satu dari sedikit wanita yang berjibaku di gedung QX. Beliau tegas namun paling peduli dengan kami yang kebingungan ini.

Salah satu SM ini nantinya akan membimbing KP kami, sesuai bidang yang akan kami pilih. Awalnya kaget karena kami yang novice tidak menyangka langsung disuruh milih job gini. Kami berpikir keras di bawah tekanan. Masing2 SM berbaik hati menjelaskan gambaran pekerjaan di bidang mereka. Namun – entah mereka sadar atau tidak – penjelasannya menggunakan banyak istilah teknis yang baru di telinga kami. Untuk sesaat kami mengira sudah mendarat di benua antah-berantah.

https://i0.wp.com/static7.businessinsider.com/image/4cab72417f8b9aaf16a50100/fear.jpg

Dan kami diberitahu, bahwa tidak ada pekerjaan coding di unit IT GIA – kalaupun ada cuma yang ecek2 (takutnya ga diitung kape). Semua urusan operasional sudah diserahkan ke anak perusahaan, Asyst. Jadi topik kami terbatas pada kegiatan analisis dan perancangan. Jelas sudah harusnya kelompok Sasri-Riza-Sume yang berada disini, dan kami yang di Ratu Plaza. Fhu.

Setelah diskusi cukup lama, akhirnya Pak E dengan kata-kata mendesak tanpa mengalihkan pandangan dari BB menyuruh kami menentukan pilihan. Jadi mau KP disini atau ngga. Ya mau lah paaak, jadi CEO juga gapapa koook. Akhirnya kami memilih topik:

Business Intelligence

atas pertimbangan:

  • kedengaran cool
  • keliatannya cool

Demikian, akhirnya kami dibimbing oleh Pak D. SM lain meninggalkan kami di ruangan rapat untuk mendapat pengarahan lebih lanjut. Berhubung kami berjanji tidak memberikan data milik perusahaan, maka sekian dulu gambaran pekerjaan kami. Sesuai janji, ada baiknya kami menceritakan plus-minus kape disini.

Minus

  • ga digaji (karena proyek dipegang anak perusahaan). fhu
  • masuk tiap hari (7.30 – 16.30). Gw sama Dibi belom berani minta libur sebelum ada hasil.

Plus (di dalam kantor)

  • internet cukup cepat, aman – terkendali (ada proxy),
  • orang-orang yang baik dan ramah,
  • ruangan yang nyaman, kondusif, dan full-AC,
  • bisa pesan indomie goreng pakai telor – anytime,
  • di puncak gedung, bisa lihat2 pesawat yang landing atau take-off,

Plus (overall)

  • bus transport PP untuk karyawan dan mahasiswa magang,
  • lingkungan GSO yang cool dan luas,
  • kantin,
  • pramugari dimana-mana,

Sekian untuk hari pertama kami. Banyak cerita dan pengalaman disini, namun gw males lanjutin (lagi). KP di GIA membutuhkan kesabaran dan komunikasi yang baik dan jelas. Selama dua minggu disini kami sering berkeliling, bertemu berbagai orang ke berbagai unit untuk meminta masukan dan menggali ilmu yang kami butuhkan untuk pekerjaan kami. Namun kami mendapat banyak ilmu baru di luar kuliah, wawasan penerbangan, serta pengalaman unik dari orang-orang yang sudah makan asam garam di dunia IT.

Mohon dukungan dan doa supaya – pada akhir KP – kami bisa mempresentasikan hasil kerja kami langsung ke Bapak Emirsyah Satar. Selamat berakhir pekan.

Salut,

Danny | Dibi

16 thoughts on “KP di Garuda Indonesia Airlines #1

  1. hahaha fix ketuker lah jobdesc KP kelompok kita -__- awesomeness.
    selamat dan semangat KP bapak – bapak pilot! saling berkunjunglah sekali-kali hehe

  2. Numpang lewat….

    Kebetulan liat blog ini.
    Saya kerja di Garuda. Newbie sih.
    Kebagian ngurusin IT juga, tapi di pesawat.

    Mungkin dah dijelasin waktu briefing KP kalau Garuda Indonesia akan memasang Wifi dan BTS di pesawat, juga EFB (Electronic Flight Bag). Intinya mengkoneksikan pesawat dengan ground (baik kantor atau lainnya).

    Dengan ada hotspot di pesawat, penumpang bisa konek gadget via wifi dan atau telepon gsm. Bisa nge-net, BBM-an, FB-an, Twit, dll. Dengan EFB di cockpit, pilot bisa email-emailan dengan ground, dapat update cuaca, data, dll.
    Secara umum, pesawat juga bisa dipantau dari ground.

    Unit QXO yang ikut serta menangani.

    Wokeh.. selamat KP deh. Jangan kapok di Garuda Indonesia.
    Kalo masih di GA dan pengen ketemu/ngobrol pm aja, atau sms 08561179703. Janjian dulu, soalnya ane lokasi di Hanggar.

    Thx

    • Halo kami ga kapok kok mas, malah nikmat2in aja.. haha

      Thx infonya, sayang kami ga masuk unit QXO, jadi ga bisa keluar-masuk hanggar -___-; boleh ga ya anak2 PKL keluar-masuk sambil liat2 pesawat? Hahaha

  3. Maen game Counter Strikes sama sering tidur di meja tempat kami bekerja dibilang sedang KP? Memalukan almamater saja……..! Ingat bung, Anda-Anda itu sedang kami awasi disini!

    • Salam, mohon maaf sebelumnya bila anda tersinggung.

      Untuk menghindari kesalahpahaman perlu saya katakan bahwa pekerjaan kami selalu (saya ulangi lagi, selalu) selesai bahkan sebelum waktunya. Oleh karena itu kelebihan waktu yang ada kami manfaatkan sebaiknya utk melepas lelah dan stress 🙂

      Apabila anda memang alumni, saya dengan senang hati ingin berkenalan dan berbincang dengan anda. Silakan temui kami di kantor apabila ingin berdiskusi atau melihat hasil kerja kami.

      • Ini kantor mas, bukan warnet atau labcom. Kalian fikir kami tidak lelah dan stress juga? Walau pekerjaan kami sudah selesai lebih cepat dari target, tapi kami tetap menghormati rekan-rekan kerja kami yang masih berkutat dengan pekerjaannya. Tolong jaga nama baik almamater kalau kalian ingin masuk ke dunia kerja.

  4. Salam,
    (sekali lagi) Saya minta maaf kepada Anda. Semenjak teguran lalu, saya tidak tidur atau bermain lagi.

    Tentu saja saya menghormati rekan-rekan – termasuk Anda, yang meluangkan waktu untuk terus memantau kami dan postingan ini di sela kesibukan pekerjaan.

    Sampai sekarang saya masih berharap bisa menemui Anda, agar pembicaraan ini bisa dilakukan lebih pribadi dan damai. Bisakah?

  5. bagaimana ya caranya KP di Garuda Indonesia, apakah ada untuk D3, kebutulan saya akan KP semester depan dan saya berkeinginan untuk KP di Garuda, saya menganmbil jurusan D3 Instrumentasi di Teknik Fisika ITS, mohon dibalas terimakasih 🙂

    bisa diemail ke derivaniw@gmail.com

  6. Maaf saya mau tanya, gimana caranya ya supaya bisa PKL di Garuda Indonesia? Saya mahasiswa UNJ jurusan Fisika dan mengambil kepeminatan Komputasi/Instrumentasi. Apakah ada syarat2 khusus?
    Bila berkenan mohon dibalas ke email novia.angelita@yahoo.com
    Terima kasih 🙂

  7. Maaf numpang tanya. Kalau mau mendaftar penelitian di Garuda Indonesia kemana ya?? Saya rencana ingin mengadakan penelitian disana. Mungkin bisa diberitahukan email ataupun lokasi pendaftaranya.

    Mohon jawaban bisa diemailkan ke puspitarizki49@yahoo.com

    Terima kasih. 🙂

Leave a comment